OLEH: SLAMET IRFAN, S.pd

 

Bulan juli,biasanya banyak orang tua siswa pusing karena agenda tahunan penerimaan siswa baru atau PSB dari SD ke SMP ke SMA. Bagi anak yang nilainya kurang pusing tujuh keliling, karena orang tua tidak bisa memasukan sekolah yang diharapkan sehingga melakukan berbagai cara supaya anaknya bisa masuk sekolah yang difavoritkan ! Padahal itu salah besar seandainya ini terjadi, yang jelas beban anak berat sekali dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh pengajar atau Bapak Ibu Guru sehingga anak bisa jadi depresi akhirnya perilaku anak kadang kala diluar kewajaran. Mengapa ini terjadi ?

Perlu diketahui tingkat kecerdasan anak tidak sama antara satu dengan yang lain ada yang tinggi, sedang, rendah itu adalah rahmat yang oleh Allah SWT. supaya tidak terjadi depresi maka kita sebagai orang tua harus memahami, itu yang sebenarnya terjadi dalam kehidupan anak-anak kita. Kalau sudah terjadi demikian anak malas masuk sekolah sehingga harapan orang tua tidak tercapai.

Contoh fakta, pernah ada orang tua murid datang kerumah minta pertimbangan, masukan dan kebetulan wali kelasnya adalah saya. Anak ini masuk program ilmu sosial. Kalau dilihat dari nilai memang sesuai dengan program itu, dan kemudian ditempatkan di kelas yang sudah ditentukan berjalan kurang lebih dua bulan orang tua datang menemui saya lagi, ingin pindah kelas alasannya dikelas ada teman akrab, padahal saya tau karakter anak ini, jawaban saya? Kita pertimbangan dulu ke wakasek kurikulum, kalau tidak salah sekarang jadi kepala SMA Negeri 3 Mojokerto. Akhirnya orang tuanya kita turuti dan anak ini kita pindah, selanjutnya hari demi hari bolos dan tidak masuk dengan alasan yang tidak masuk akal, akhirnya keluar dari SMA Negeri 3 Mojokerto

Pesan Moral Kepada siswa siswi SMA Negeri 3 yang baru

1. Belajarlah yang rajin supaya, berguna bagi dirimu, keluargamu, bangsa dan negaramu
2. Patuhi dan laksanakan aturan aturan yang ada disekolah kamu, jangan sampai dilanggar.
3. Tuntutlah ilmu setinggi tingginya apabila kamu mampu.
4. BERDOA. Manusia hanya bisa merencanakan tetapi tuhan yang menentukan

Hal –hal yang perlu dilakukan dalam menuntut ilmu?

1. Harus mencintainya

2. Harus mengorbankan waktu,tenaga,pikiran dan uang

3. Tekun selama belajar

4. Mendekati sumber ilmu


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *