Menuai keberhasilan itu tidak hanya dengan rajin belajar, belajar dan belajar. Tetapi disiplin juga penting dan sangat dibutuhkan untuk meraih keberhasilan. Mungkin ini yang menyebabkan SMA Negeri 3 Kota Mojokerto sangat peduli akan kedisiplinan, seperti yang dikatakan Bapak Siswanto saat diwawancarai

Menurut Bapak, apakah disiplin itu ?

“Disiplin adalah tingkah laku/perbuatan yang sesuia dengan ketentuan-ketentuan yang telah ada dan ditetapkan.”

Peraturan apakah yang sangat dominan di SMA Negeri 3 Kota Mojokerto ?

“Peraturan yang sangat dominan adalah mengenai kenakalan siswa, tentang tingkah laku siswa, seragam sekolah (memakai atribut lengkap mulai dari papan nama hingga dasi, cara berpakaian rapi, rok murid perempua tidak boleh dibawah pinggang, tidak boleh memakai seragam yang ketat)”.

Jika ada kesalahan atau pelanggaran peraturan yang dilakukan siswa ataupun siswi (seperti murid yang terlambat datang ke sekolah). Pasti juga ada sanksi yang diberikan kepada murid yang melanggarnya. Lalu apa alasan dibuatnya sanksi tersebut ?

“Tujuannya untuk mengingatkan siswa agar mereka menyadari bahwa perbuatannya salah. Mereka yang terlambat datang ke sekolah dikenai sanksi seperti tidak boleh mengikuti pelajaran pertama, karena dikhawatirkan akan mengganggu konsentrasi belajar kelas. Dan siswa yang terlambat harus melepas sepatunya agar membedakannya dengan teman-temannya yang lain. Sehingga teman-temanya akan tahu jika dia melakukan kesalahan. Dan siswa yang melanggar peraturan akan merasa malu dan hal ini juga dapay dijadikan pelajaran bagi teman-temannya yang lain agar tidak melanggar peraturan tersebut.”

Apakah dengan mengawali kebiasaan kecil seperti datang ke sekolah dengan tepat waktu dapat mempengaruhi keberhasilan ?

“Iya, karena sanksi itu dibuat untuk mencegah perbuatan/kelasahan sekecil itu agar tidak menjadi semakin besar. Karena sanksi bersifat menegur. Masalh sekecil apapun jika dibiarkan akan menjadi besar. Sedikit demi sedikit lama-lam menjadi bukit. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan sanks untuk mencegahnya dan menjadikan diri lebih baik lagi karena untuk meraih keberhasilan perlu melatih diri sedikit demi sedikit untuk menjadi baik.”

Bagaimana tanggapan murid-murid mengenai pmberian sanksi tersebut ?

“Mendukung, karena hal ini merupakan belajar bertanggung jawab. Siapa yang telah melakukan kesalahan akan menerima hukuman sebagai konsekuensinya.” (Krida/FD7)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *