Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, selain mengadakan lomba-lomba antar kelas, SMA N 3 Mojokerto juga menyelenggarakan upacara bendera. Pagi pukul 07.00 (17/8/2019) seluruh siswa telah siap dilapangan untuk mengikuti upacara bendera.

Petugas upacara dibawakan oleh seluruh pengurus OSIS SMA N 3 Mojokerto. Dan untuk pengibaran bendera merah putih dibawakan langsung oleh anggota Paskibraka. Tampak upacara berlangsung dengan lancar tanpa kendala berarti. Sebab petugas upacara yang bertugas tampil dengan cekatan dan trampil tanpa cela.

Upacara menjadi khidmat, tatkala pembina upacara yakni Isno, M.Pd.I memberikan amanatnya. Dalam amanatnya Isno M.Pd.I membeberkan sejarah proklamasi kemerdekaan di Jakarta, Jawa Timur dan Mojokerto. Menurut beliau penentu keberhasilan proklamasi hingga menyebar ke seluruh pelosok di Nusantara adalah kreativitas para pemuda. Mereka menyebarkan lewat radio, pamflet, brosur dan berbagai media untuk menyebarkan kemerdekaan Indonesia.

Para pemuda, kata Isno M.Pd.I, tidak hanya berjasa turut melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Para pelajar pun ikut mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mereka, kata Isno M.Pd.I memiliki organisasi yang sangat kuat dalam melakukan konsolidasi sehingga mereka termasuk organisasi yang sangat diperhitungkan oleh musuh bangsa Indonesia ini. Organisasi itu tergabung dalam TRIP (Tentara Republik Indonesia Pelajar). Dan markas terbesarnya ada di Desa Parengan Kec. Jetis Mojokerto.

Isno, M.Pd.I juga membeberkan sejarah Jalan Pemuda yang menjadi alamat SMA N 3 Mojokerto. Kata beliau, terbentuknya jalan pemuda itu dilatarbelakangi oleh sejarah seorang pemuda yang bernama Muhammad Iskak yang sangat benci kepada Belanda. Karena kebenciannya yang sangat dalam itu, suatu saat ada rombongan tentara Belanda yang naik Jeep. Oleh Muhammad Iskak, rombongan tentara Belanda itu dihabisi hingga tewas semua. Mengenang peristiwa itu, maka jalan di depan SMA N 3 Mojokerto itu diberi nama Jalan Pemuda.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *