Hidup berdemokrasi tidak bisa diceramahkan begitu saja di kelas kelas, tetapi harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya membangun budaya berdemokrasi tersebut, di lingkungan SMA N 3 Mojokerto, menerapkannya dengan praktek langsung kehidupan berdemokrasi. Salah satunya dengan pemilihan langsung ketua OSIS.

Pemilihan Ketua OSIS periode 2019/2020 dilaksanakan pada hari Jumat (30/8/2019) pada pukul 09.00 WIB. Sebelum pencoblosan, calon calon ketua OSIS, memaparkan visi misi serta program programnya apabila terpilih menjadi ketua OSIS. Pemaparan visi misi dilangsungkan ditengah halaman SMA N 3 Mojokerto.

Selain memaparkan visi misi dan program, calon calon Ketua OSIS juga diuji dengan berbagai pertanyaan dari beberap siswa yang mengajukan pertanyaan kritis. Seperti M. Iqbal, siswa kelas XII IPS 1, yang mempertanyakan keistimewaan dan kelebihan kemampuan dari masing-masing calon sehingga pantas untuk dipilih menjadi Ketua OSIS. Masing-masing Calon Ketua OSIS kemudian menjawab pertanyaan itu silih berganti. Apabila Calon Ketua OSIS itu menjawab dengan gamblang, maka sorak sorai pendukungnya menggema di sudut sudut lapangan SMA N 3 Mojokerto yang tidak begitu luas.

Tentang sistem pemilihan Ketua OSIS ini, Siti Arofah, M.Pd, Pembina OSIS SMA N 3 Mojokerto, menjelaskan bahwa calon calon ketua OSIS telah diseleksi sebelumnya. Mereka selain diuji kemampuan memaparkan visi misi juga ditantang untuk menjawab ragam persoalan yang ditanyakan oleh siswa maupun guru SMA N 3 Mojokerto,

“Calon calon ketua OSIS sebelumnya telah diseleksi dengan ketat sesuai dengan kriteria ideal seorang pemimpin. Selanjutnya mereka juga dituntut untuk memaparkan visi misi. Tidak berhenti disitu, calon calon Ketua OSIS juga diuji kemampuannya untuk menjawab pertanyaan dari seluruh siswa siswi SMA Negeri 3 Mojokerto. Mereka diuji kemampuan bicara juga kemampuan menyampaikan solusi solusi atas berbagai persoalan yang ada di SMA Negeri 3 Mojokerto” tutur Siti Arofah M,Pd, Pembina OSIS SMA N 3 Mojokerto.

Usai memaparkan visi misi dan menjawab pertanyaan dari warga SMA N 3 Mojokerto, para siswa-siswi melakukan pencoblosan calon calon Ketua OSIS di TPS yang telah disediakan panitia. Tidak hanya dari siswa yang mencoblos, Guru maupun karyawan Tata Usaha juga ikut berpartisipasi dalam pemilihan Ketua OSIS.

“Selain siswa, bapak ibu guru serta karyawan TU juga memiliki hak untuk memilihnya” tutur Siti Arofah M.Pd, Pembina OSIS yang juga merupakan guru Bahasa Inggris.

Usai pencoblosan, panitia bergerak cekatan dengan menghitung surat suara yang telah masuk di Kotak Suara. Dari hasil penghitungan pasangan 01 yakni Imam Mahmuda-Marcelino ibra Tri Prasetyo, mengungguli pasangan Ummu Maslucky-Ragil Bagas, Aziz Nur Kusuma-Dwi Astitie, dan Istifadatin-Nur Aliffah. Pasangan 01 ini memperoleh 536 suara. Dengan demikian Imam Mahmuda dan Marcelino Ibra Tri Prasetyo dipengurusan yang akan datang resmi terpilih menjadi Pemimpin OSIS periode 2019/2020.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *